Manfaat Buah Jeruk

Published Desember 10, 2011 by niarukia

Manfaat buah jeruk – Buah bulat kuning ini banyak dijumpai di pasar-pasar. Pasti semua orang sudah pernah merasakan buah yang manis ini. Jeruk itulah namanya, buah yang mudah untuk dicari. Tapi apakah anda yang pernah merasakan buah ini sudah tau manfaat yang tersembunyi didalamnya?jika belum, mari kita simak apa sajakah kandungan yang tersembunyi dalam buah ini.

Manfaat

– Menghindari radikal bebas
Vitamin C dalam peranannya sebagai anti-oksidan, selain melindungi kulit dari pengaruh buruk radikal bebas, juga memperkuat sel-sel kulit, sehingga sel-sel kulit dapat lebih cepat memperbaiki jaringan yang rusak karena pengaruh radikal bebas tersebut. Selain itu, vitamin C juga meningkatkan produksi kolagen pada kulit sehingga elastisitas kulit pun terjaga. Proses ini disebut dengan proses regenarasi kulit.

– Menghaluskan kulit
Anda merasa terganggu dengan kulit yang kasar mengeras dan berwarna kehitaman? Buah lemon atau jeruk nipis dapat membantu mengatasi masalah ini. Gosoklah bagian yang mengeras dengan batu apung atau scrub. Kemudian, gosokkan potongan lemon pada bagian yang mengeras. Sesudahnya gunakan pelembab. Lakukan hal ini dengan teratur untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

– Menghilangkan kulit mati dan jerawat
Kandungan asam yang terdapat pada vitamin C juga mampu menipiskan tumpukan kulit mati yang menimbun kulit. Dengan menipisnya kulit mati ini, penyumbatan pori-pori juga berkurang. Hal ini terutama baik untuk jenis kulit berminyak/berjerawat.

– Membangkitkan semangat
Wangi jeruk yang menyegarkan membuat semangat Anda timbul. Hal ini sangat berguna di pagi hari ketika Anda merasa lemas dan tidak bersemangat. Mandilah dengan menggunakan sabun maupun shower gel beraroma jeruk. Aroma lime, atau jeruk nipis, misalnya, sangat baik untuk membangkitkan semangat.

Sebaliknya, jika Anda merasa lelah seusai beraktivitas sehari penuh, wewangian jeruk dapat membantu Anda menenangkan dan menyamankan tubuh. Cobalah berendam dengan air mandi yang ditetesi minyak esensial sitrun. Berendamlah dan hirup aromanya yang menenangkan tersebut.

– Mengatasi kaki bengkak
Potongan jeruk, terutama jeruk sitrun maupun lemon, dapat membantu Anda mengatasi masalah kaki membengkak, terutama jika terlalu lelah. Bersihkan dan seka kaki hingga bersih, lalu rendam dalam air hangat yang ditetesi Citrus oil maupun Lemon oil. Bisa juga Anda menaruh potongan-potongan lemon segar pada air rendaman tersebut, atau mengompres kaki dengan potongan buah tersebut.

– Menyejukkan kulit kepala
Di hari yang sangat panas, cobalah cara berikut untuk menyejukkan kepala Anda. Buat campuran tonik rambut dengan sari jeruk nipis atau lemon. Simpan di lemari es sampai terasa sejuk, kemudian gunakan pada kepala dan pijit-pijitkan dengan gerakan memutar. Selain dapat menyejukkan kulit kepala, cara ini juga membantu Anda untuk mengendalikan ketombe.

– Sebagai obat batuk
Cara membuat ramuan : Jeruk nipis dipotong dan diperas diambil airnya, kemudian dicampur dengan kecap dan madu sama banyaknya. Aduk sampai rata. Minumkan pada penderita sehari sekali satu sendok makan. Apabila untuk anak-anak, tiga kali sehari satu sendok teh.

Atau juga bisa Jeruk nipis dipotong dan diperas diambil airnya. Tambahkan minyak kayu putih dan kapur sirih sebanyak perasan. Setelah ketiga bahan tercampur oleskan pada dada, leher dan punggung penderita sakit batuk pilek.

– Sebagai obat demam
Cara membuat ramuan: Jeruk nipis dibelah dicampur dengan daun papaya dan kencur. Ketiga bahan direbus dengan tiga gelas air. Rebus ramuan hingga tersisa satu gelas dan saring airnya untuk diminum tiga gelas sehari sebabyak setengah gelas.

Lirik Lagu I Wish You Were Here by Avril Lavigne

Published Desember 6, 2011 by niarukia

I can be tough
I can be strong
But with you, It’s not like that at all

There is a girl who gives a shit
Behind this wall
You just walk through it

[refrain]
And I remember all those crazy thing you said
You left them running through my head
You’re always there, you’re everywhere
But right now I wish you were here

All those crazy things we did
Didn’t think about it just went with it
You’re always there, you’re everywhere
But right now I wish you were here

[chorus]
Damn, Damn, Damn,
What I’d do to have you
Here, Here, Here
I wish you were here

Damn, Damn, Damn,
What I’d do to have you
Near, Near, Near
I wish you were here.

I love the way you are
It’s who I am don’t have to try hard
We always say, Say like it is
And the truth is that I really miss

All those crazy thing you said
You left them running through my head
You’re always there, you’re everywhere
But right now I wish you were here

All those crazy things we did
Didn’t think about it just went with it
You’re always there, you’re everywhere
But right now I wish you were here

[chorus]
Damn, Damn, Damn,
What I’d do to have you
Here, Here, Here
I wish you were here

Damn, Damn, Damn,
What I’d do to have you
Near, Near, Near
I wish you were here.

[bridge]
No, I don’t wanna let go
I just wanna let you know
That I never wanna let go
Let go, Oh, Oh,

No, I don’t wanna let go
I just wanna let you know
That I never wanna let go
Let go, Let go, Let go…

[chorus]
Damn, Damn, Damn,
What I’d do to have you
Here, Here, Here
I wish you were here

Damn, Damn, Damn,
What I’d do to have you
Near, Near, Near
I wish you were here.

Manfaat Buah dan Sayuran Berdasarkan Warna

Published Desember 6, 2011 by niarukia

Sudah sering kita mendapat tips untuk lebih banyak mengkonsumsi buah dan sayuran. Selain karena kandungan seratnya, juga karena vitamin yang dibutuhkan tubuh lebih banyak terdapat pada tumbuh-tumbuhan. Tapi ternyata manfaat buah dan sayuran tidak hanya itu.

Buah dan sayuran memiliki warna yang bermacam-macam. Warna-warni tetumbuhan ini tidak hanya menarik dilihat mata, tapi ternyata pigmen-pigmen warna ini memiliki manfaat dan khasiat juga bagi kesehatan tubuh.

Senyawa-senyawa pembentuk warna pada buah dan sayuran bahkan bisa mencegah kanker, sebagai anti radang, mencegah penyakit jantung, dan lain-lain.

Manfaat Buah dan Sayuran Berdasarkan Warna

Berikut ini pigmen warna pada buah dan sayuran beserta manfaatnya :

KAROTENOID
Merupakan kelompok pigmen yang menyebabkan bahan pangan berwarna jingga, seperti pada wortel, terdiri antara lain atas alfakaroten dan betakaroten.
Senyawa ini begitu masuk ke dalam tubuh akan diubah menjadi vitamin A yang banyak manfaatnya bagi tubuh. Baik untuk kesehatan mata, kulit dan kuku, pembuluh darah, hingga meningkatkan daya tahan tubuh.

LIKOPEN
Merupakan pigmen yang membuat buah dan sayur berwarna merah, seperti pada tomat.
Senyawa ini terbukti memiliki sifat antioksidan dan antikanker, khususnya untuk kanker pankreas dan prostat. Penelitian menunjukkan, orang yang kadar likopen dalam darahnya rendah memiliki resiko akan kanker pankreas sampai 5 kali lipat. Manfaat buah dan sayuran yang kaya likopen terbukti mampu membuat pria yang mengkonsumsinya aman dari kanker prostat.

KLOROFIL
Pemberi warna hijau pada buah dan sayuran ini, tak terkecuali pada rumput laut dan khlorela, memiliki hampir semua zat gizi yang dibutuhkan tubuh.
Fitokomia ini memiliki multikhasiat penting seperti antioksidan, anti peradangan, anti bakteri, anti parasit, anti kanker, serta dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Tak heran, karena khasiatnya ini, kini banyak diperdagangkan sari klorofil yang mengklaim dapat menyehatkan tubuh.

KURKUMIN
Pemberi warna kuning pada kunyit, diketahui memiliki sifat anti radang. Kehadirannya membuat takut kuman sehingga infeksi bisa dicegah ataupun diatasi.
Kurkumin juga mempunyai sifat antioksidan yang cukup tangguh sehingga dapat melindungi kerusakan sel otak. Akibatnya daya ingat tetap baik, saluran cerna terlindungi dan tetap bekerja sempurna, serta menjaga paru dari kerusakan oksidatif.

ANTOSIANIN
Pemberi warna merah keunguan seperti yang terdapat pada anggur, terong, dan bit ini sejak dulu digunakan untuk mengobati penyakit. Mereka yang memiliki kesulitan pengelihatan pada malam hari, sering diberi bahan pangan yang mengandung zat ini.
Dalam dunia kedokteran, antosianin kini terbukti mengandung flavonoid yang bersifat antikanker, mampu mengelola kadar gula darah, dan mencegah penyakit jantung koroner. Antosianin juga memiliki manfaat seperti aspirin yang mampu mencegah peradangan, menaikkan daya tahan pembuluh kapiler, serta menurunkan tekanan darah, juga mampu membantu penyerapan vitamin C.

Flu Tulang

Published Desember 6, 2011 by niarukia

Flu Tulang disebabkan virus Parvovirus B19. Meski tidak menyebabkan kematian, penyakit ini menyebabkan kelumpuhan. Penyakit ini biasanya disebut sebagai chikungunya atau juga demam tulang. Penyebabnya sama seperti DBD, yakni nyamuk Aides Aegypty. Sifat Penyebarannya sangat cepat sehingga chikungunya sangat cepat, bisa menyebabkan kelumpuhan.

Gejala
Gejala utama flu tulang adalah tubuh terasa demam, diikuti dengan linu di persendian. Gejala ngilu ini berlangsung hingga 2-4 minggu pasca flu biasa. Gejala lain, penderita merasa sangat kedinginan.

Pengobatan
Biasanya kondisi kesehatan penderita akan berangsur-angsur membaik setelah 3 minggu. Para penderita sebaiknya mengkonsumsi makanan bergizi tinggi dan sedapat mungkin menghindari rokok, kopi dan makanan berlemak tinggi agar tidak menjadi lebih parah. Sangat dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi sembarang jenis obat flu yang ada di pasaran karena sangat b

Jalan Kaki Yuuuuk

Published Desember 5, 2011 by niarukia

zaman sekarang orang-orang pada enggan jalan kaki, padahal jalan kaki itu banyak manfaatnya lhoo… Nih diantaranya :

Cegah Serangan Jantung.
Berjalan kaki dapat menekan risiko serangan jantung. Otot jantung membutuhkan aliran darah lebih deras (dari pembuluh koroner yang memberinya makan) agar bugar dan berfungsi normal memompakan darah tanpa henti. Berjalan kaki tergopoh-gopoh memperderas aliran darah ke dalam koroner jantung. Dengan demikian kecukupan oksigen otot jantung terpenuhi dan otot jantung terjaga untuk bisa tetap cukup berdegup. Bukan hanya itu, Kelenturan pembuluh darah arteri tubuh yang terlatih menguncup dan mengembang akan terbantu oleh mengejangnya otot-otot tubuh yang berada di sekitar dinding pembuluh darah sewaktu melakukan kegiatan berjalan kaki tergopoh-gopoh itu. Hasil akhirnya, tekanan darah cenderung menjadi lebih rendah, pelengketan antarsel darah yang bisa berakibat gumpalan bekuan darah penyumbat pembuluh juga akan berkurang.

Selain itu, kolesterol baik (HDL) yang bekerja sebagai spons penyerap kolesterol jahat (LDL) akan meningkat dengan berjalan kaki tergopoh-gopoh. Tidak banyak cara di luar obat yang dapat meningkatkan kadar HDL selain dengan bergerak badan. Berjalan kaki tergopoh-gopoh tercatat mampu menurunkan risiko serangan jantung menjadi tinggal separuhnya.

Mencegah Stroke.
Kendati manfaat berjalan kaki tergopoh-gopoh terhadap stroke pengaruhnya belum senyata terhadap serangan jantung koroner, beberapa studi menunjukkan hasil yang menggembirakan. Tengok saja bukti alami nenek-moyang kita yang lebih banyak melakukan kegiatan berjalan kaki setiap hari, kasus stroke zaman dulu tidak sebanyak sekarang. Salah satu studi terhadap 70 ribu perawat (Harvard School of Public Health) yang dalam bekerja tercatat melakukan kegiatan berjalan kaki sebanyak 20 jam dalam seminggu, risiko mereka terserang stroke menurun duapertiga.

Berat badan stabil.
Ternyata dengan membiasakan berjalan kaki rutin, laju metabolisme tubuh ditingkatkan. Selain sejumlah kalori terbuang oleh aktivitas berjalan kaki, kelebihan kalori yang mungkin ada akan terbakar oleh meningkatnya metabolisme tubuh, sehingga kenaikan berat badan tidak terjadi.

Menurunkan berat badan.
Ya, selain berat badan dipertahankan stabil, mereka yang mulai kelebihan berat badan, bisa diturunkan dengan melakukan kegiatan berjalan kaki tergopoh-gopoh itu secara rutin. Kelebihan gajih di bawah kulit akan dibakar bila rajin melakukan kegiatan berjalan kaki cukup laju paling kurang satu jam.

Mencegah Diabetes.
Membiasakan berjalan kaki melaju sekitar 6 km per jam, waktu tempuh sekitar 50 menit, ternyata dapat menunda atau mencegah berkembangnya diabetes Tipe 2, khususnya pada mereka yang bertubuh gemuk. Ini didasarkan study dari National Institute of Diabetes and Gigesive & Kidney Diseases.

Sebagaimana kita tahu bahwa kasus diabetes yang bisa diatasi tanpa perlu minum obat, bisa dilakukan dengan memilih gerak badan rutin berkala. Selama gula darah bisa terkontrol hanya dengan cara bergerak badan, obat tidak diperlukan. Itu berarti bahwa berjalan kaki tergopoh-gopoh sama manfaatnya dengan obat antidiabetes.

Mencegah osteoporosis.
Gerak badan dan berjalan kaki cepat, bukan saja otot-otot badan yang diperkokoh, melainkan tulang-belulang juga. Untuk metabolisme kalsium, bergerak badan diperlukan juga, selain butuh paparan cahaya matahari pagi. Tak cukup ekstra kalsium dan vitamin D saja untuk mencegah atau memperlambat proses osteoporosis. Tubuh juga membutuhkan gerak badan dan memerlukan waktu paling kurang 15 menit terpapar matahari pagi agar terbebas dari ancaman osteoporosis.

Mereka yang melakukan gerak badan sejak muda, dan cukup mengonsumsi kalsium, sampai usia 70 tahun diperkirakan masih bisa terbebas dari ancaman pengeroposan tulang.

Meredakan encok lutut.
Lebih sepertiga orang usia lanjut di Amerika mengalami encok lutut (osteoarthiris). Dengan membiasakan diri berjalan kaki cepat atau memilih berjalan di dalam kolam renang, keluhan nyeri encok lutut bisa mereda. Untuk mereka yang mengidap encok lutut, kegiatan berjalan kaki perlu dilakukan berselang-seling, tidak setiap hari. Tujuannya untuk memberi kesempatan kepada sendi untuk memulihkan diri.

Mengobati Depresi.
Ternyata bergerak badan dengan berjalan kaki cepat juga membantu pasien dengan status depresi. Berjalan kaki tergopoh-gopoh bisa menggantikan obat antidepresan yang harus diminum rutin. Studi ihwal terbebas dari depresi dengan berjalan kaki sudah dikerjakan lebih 10 tahun.

Jadi jangan ragu, tidak ada salahnya anda untuk memulai hidup sehat dengan berjalan kaki setiap harinya. (Disarikan dari berbagai sumber)

Sedikit tentang Malnutrisi

Published Desember 5, 2011 by niarukia

Malnutrisi adalah suatu istilah umum yang merujuk pada kondisi medis yang disebabkan oleh diet yang tak tepat atau tak cukup. Walaupun seringkali disamakan dengan kurang gizi yang disebabkan oleh kurangnya konsumsi, buruknya absorpsi, atau kehilangan besar nutrisi atau gizi, istilah ini sebenarnya juga mencakup kelebihan gizi (overnutrition) yang disebabkan oleh makan berlebihan atau masuknya nutrien spesifik secara berlebihan ke dalam tubuh. Seorang akan mengalami malnutrisi jika tidak mengonsumsi jumlah atau kualitas nutrien yang mencukupi untuk diet sehat selama suatu jangka waktu yang cukup lama. Malnutrisi yang berlangsung lama dapat mengakibatkan kelaparan, penyakit, dan infeksi.

Obesitas itu ????

Published Desember 5, 2011 by niarukia


Makan banyak tak selalu membuat pinggang melar.

Siapa sangka riset yang dirilis pada Journal of the American Dietetic Association mengatakan orang yang mengalami obesitas cenderung makan lebih sedikit dalam sehari dibandingkan yang berbobot normal? Padahal berdasarkan mitos diet yang ada selama ini, mulut yang tak berhenti mengunyah merupakan faktor utama penyebab kegemukan. Salahkah mitos ini?

Jawabannya, ya. Bukan banyaknya makanan yang menentukan naik turunnya berat badan tetapi kalori. Orang yang mengalami obesitas menurut Reuters terbukti mengonsumsi lebih banyak kalori setiap kali makan. Parahnya lagi, mereka tidak melakukan aktivitas untuk membakar kelebihan kalori tersebut.

Studi yang dilakukan Marywood University menemukan biasanya orang yang kelebihan berat badan, makan 3 kali sehari diselingi dengan sekali sesi camilan, Sedangkan, mereka yang berbobot normal makan 3 kali sehari ditambah 2 kali snack.

Partisipan yang didapati kehilangan bobot tubuhnya biasanya makan beberapa kali camilan dan hanya mengonsumsi 1.800 kalori sehari. Sedangkan mereka yang berat badannya tetap memasukkan sekitar 1.900 kalori.

Jangan takut ngemil jika ingin mendapatkan berat badan ideal. Namun, pastikan juga kita selalu mencari snack yang rendah kalori. Dapatkan perut yang rata dengan mencoba beberapa camilan sehat ini.

Blog ini di ambil dari http://www.preventionindonesia.com/article.php?name=/obesitas–less-snacking-more-calories&channel=prevention