Manfaat Buah dan Sayuran Berdasarkan Warna

Published Desember 6, 2011 by niarukia

Sudah sering kita mendapat tips untuk lebih banyak mengkonsumsi buah dan sayuran. Selain karena kandungan seratnya, juga karena vitamin yang dibutuhkan tubuh lebih banyak terdapat pada tumbuh-tumbuhan. Tapi ternyata manfaat buah dan sayuran tidak hanya itu.

Buah dan sayuran memiliki warna yang bermacam-macam. Warna-warni tetumbuhan ini tidak hanya menarik dilihat mata, tapi ternyata pigmen-pigmen warna ini memiliki manfaat dan khasiat juga bagi kesehatan tubuh.

Senyawa-senyawa pembentuk warna pada buah dan sayuran bahkan bisa mencegah kanker, sebagai anti radang, mencegah penyakit jantung, dan lain-lain.

Manfaat Buah dan Sayuran Berdasarkan Warna

Berikut ini pigmen warna pada buah dan sayuran beserta manfaatnya :

KAROTENOID
Merupakan kelompok pigmen yang menyebabkan bahan pangan berwarna jingga, seperti pada wortel, terdiri antara lain atas alfakaroten dan betakaroten.
Senyawa ini begitu masuk ke dalam tubuh akan diubah menjadi vitamin A yang banyak manfaatnya bagi tubuh. Baik untuk kesehatan mata, kulit dan kuku, pembuluh darah, hingga meningkatkan daya tahan tubuh.

LIKOPEN
Merupakan pigmen yang membuat buah dan sayur berwarna merah, seperti pada tomat.
Senyawa ini terbukti memiliki sifat antioksidan dan antikanker, khususnya untuk kanker pankreas dan prostat. Penelitian menunjukkan, orang yang kadar likopen dalam darahnya rendah memiliki resiko akan kanker pankreas sampai 5 kali lipat. Manfaat buah dan sayuran yang kaya likopen terbukti mampu membuat pria yang mengkonsumsinya aman dari kanker prostat.

KLOROFIL
Pemberi warna hijau pada buah dan sayuran ini, tak terkecuali pada rumput laut dan khlorela, memiliki hampir semua zat gizi yang dibutuhkan tubuh.
Fitokomia ini memiliki multikhasiat penting seperti antioksidan, anti peradangan, anti bakteri, anti parasit, anti kanker, serta dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Tak heran, karena khasiatnya ini, kini banyak diperdagangkan sari klorofil yang mengklaim dapat menyehatkan tubuh.

KURKUMIN
Pemberi warna kuning pada kunyit, diketahui memiliki sifat anti radang. Kehadirannya membuat takut kuman sehingga infeksi bisa dicegah ataupun diatasi.
Kurkumin juga mempunyai sifat antioksidan yang cukup tangguh sehingga dapat melindungi kerusakan sel otak. Akibatnya daya ingat tetap baik, saluran cerna terlindungi dan tetap bekerja sempurna, serta menjaga paru dari kerusakan oksidatif.

ANTOSIANIN
Pemberi warna merah keunguan seperti yang terdapat pada anggur, terong, dan bit ini sejak dulu digunakan untuk mengobati penyakit. Mereka yang memiliki kesulitan pengelihatan pada malam hari, sering diberi bahan pangan yang mengandung zat ini.
Dalam dunia kedokteran, antosianin kini terbukti mengandung flavonoid yang bersifat antikanker, mampu mengelola kadar gula darah, dan mencegah penyakit jantung koroner. Antosianin juga memiliki manfaat seperti aspirin yang mampu mencegah peradangan, menaikkan daya tahan pembuluh kapiler, serta menurunkan tekanan darah, juga mampu membantu penyerapan vitamin C.

2 comments on “Manfaat Buah dan Sayuran Berdasarkan Warna

  • Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

    %d blogger menyukai ini: